Full Width CSS

banner image

KEUTAMAAN DAN KEMULIAAN DO'A


Berdoa adalah di antara aktivitas ibadah yang mulia dan utama. Banyak sekali keutamaan dan kemuliaan berdoa. Berikut ini akan dijelaskan beberapa keutamaan dan kemuliaan berdoa kepada Alloh.

Pertama, Do'a adalah ibadah. Hal ini berdasarkan firman Alloh:
وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ (60)

“Berdo'alah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagi kalian. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari beribadah kepada-Ku akan masuk Neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.” (QS. Ghofir [40]: 60)

Al-Hafizh Ibnu Hajar al-Asqolani asy-Syafi’i  menuturkan bahwa Syaikh Taqiyuddin Subki berkata, “Maksud doa dalam ayat di atas adalah doa yang bersifat permohonan, dan ayat berikutnya “'an 'ibaadati” menunjukkan bahwa berdoa lebih khusus daripada beribadah. Artinya barangsiapa sombong tidak mau beribadah, maka pasti sombong tidak mau berdoa. Dengan demikian ancaman ditujukan kepada orang yang meninggalkan doa karena sombong dan barangsiapa melakukan perbuatan itu, maka dia telah kafir. Adapun orang yang tidak berdoa karena sesuatu alasan, maka tidak terkena ancaman tersebut. Walaupun demikian memperbanyak doa tetap lebih baik daripada meninggalkannya, sebab dalil-dalil yang menganjurkan berdoa cukup banyak. (Fathul Bari 11/98)

Bahkan, doa adalah ibadah yang paling mulia di sisi Alloh k. Hal ini sesuai riwayat hadis dari Abu Huroiroh a berkata bahwasanya Rosululloh n bersabda, “Tidak ada sesuatu yang paling mulia di sisi Alloh daripada doa". (Sunan Timidzi, bab Do'a 12/263, Sunan Ibnu Majah, bab Do'a 2/341 No. 3874. Musnad Ahmad 2/362)

Berkaitan dengan hadis ini, Syaikh Al-Mubarak Furiy  mengatakan bahwa makna hadis tersebut adalah tidak ada sesuatu ibadah qouliyah (ucapan) yang lebih mulia di sisi Alloh k daripada doa. Sebab membandingkan sesuatu harus sesuai dengan substansinya. Sehingga pendapat yang mengatakan bahwa shalat adalah ibadah badaniyah yang paling utama tidak bertentangan dengan firman Alloh, “Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kalian di sisi Alloh adalah orang yang paling bertakwa diantara kalian.” (QS. Al-Hujurot [49]: 13)

Kedua, Doa mampu menolak takdir Alloh. Hal ini berdasarkan hadis dari Salman Al-Farisi RadhiyAllohu 'anhu bahwa Rosululloh ShallAllohu 'alaihi wa sallam bersabda, " Tidak ada yang mampu menolak takdir kecuali doa.” (Sunan At-Tirmidzi, bab Qodar 8/305-306)

Berkaitan dengan hal ini, Syeikh Al-Mubarak Furi  mengatakan bahwa yang dimaksud dapat menolak takdir di sini adalah takdir yang tergantung pada doa, dan berdoa bisa menjadi sebab tertolaknya takdir karena takdir tidak bertolak belakang dengan masalah sebab akibat. Boleh jadi terjadinya sesuatu menjadi penyebab terjadi atau tidaknya sesuatu yang lain termasuk takdir. Seperti berdoa agar terhindar dari musibah, keduanya adalah takdir Alloh k. Boleh jadi seseorang ditakdirkan tidak berdoa sehingga terkena musibah dan seandainya dia berdoa, mungkin tidak terkena musibah, sehingga doa ibarat tameng dan musibah laksana panah. (Muro'atul Mafatih 7/354-355).

Ketiga, Orang yang paling lemah adalah orang yang tidak mampu berdoa. Hal ini berdasarkan hadis Nabi bahwasanya beliau bersabda:
أَعْجَزُ النَّاسِ مَنْ عَجَزَ فِي الدُّعَاءِ، وَأَبْخَلُ النَّاسِ مَنْ بَخِلَ بِالسَّلامِ
"Orang yang lemah adalah orang yang meninggalkan berdoa dan orang yang paling bakhil adalah orang yang bakhil terhadap salam.” (Al-Haitsami, kitab Majma' Az-Zawaid. Thobrani, Al-Ausath. Al-Mundziri, kitab At-Targhib berkata: Sanadnya Jayyid (bagus) dan dishohihkan Al-Albani, As-Silsilah Ash-Shohihah 2/152-153 No. 601).

Imam Manawi  mengatakan bahwa yang dimaksud dengan 'Ajazu an-naasi  adalah orang yang paling lemah akalnya dan paling buta penglihatan hatinya, dan yang dimaksud dengan Man 'ajaza fi ad-dua'i adalah lemah memohon kepada Alloh terlebih pada saat kesusahan. Demikian itu bisa mendatangkan murka Alloh karena dia meninggalkan perintah-Nya padahal berdoa adalah perkerjaan yang sangat ringan. (Faidhul Qodir 1/556).

Keempat, Banyak berdoa bisa menghindarkan bencana dan musibah. Hal ini sebagaimana firman Alloh k yang mengisahkan tentang Nabi Ibrohim p:
وَأَدْعُو رَبِّي عَسَى أَلَّا أَكُونَ بِدُعَاءِ رَبِّي شَقِيًّا
"...Dan aku akan berdoa kepada Tuhanku, mudah-mudahan aku tidak akan kecewa dengan berdoa kepada Tuhanku.” (QS. Maryam [19]: 48)

Dan firman Alloh k tentang Nabi Zakaria
قَالَ رَبِّ إِنِّي وَهَنَ الْعَظْمُ مِنِّي وَاشْتَعَلَ الرَّأْسُ شَيْبًا وَلَمْ أَكُنْ بِدُعَائِكَ رَبِّ شَقِيًّا (4)
"Ia berkata:, 'Ya Tuhanku, sesungguhnya tulangku telah lemah dan kepalaku telah ditumbuhi uban, dan aku belum pernah kecewa dalam berdoa kepada Engkau, ya Tuhanku.” (QS. Maryam [19]: 4)

Kelima, Alloh murka terhadap orang-orang yang meninggalkan doa. Hal ini berdasarkan hadis bahwa Abu Huroiroh a berkata bahwasanya Rosululloh bersabda:
إِنَّهُ مَنْ لَمْ يَسْأَلِ اللَّهَ يَغْضَبْ عَلَيْهِ
"Barangsiapa yang tidak meminta kepada Alloh, maka Alloh akan memurkainya.” (Sunan At-Tirmidzi, bab Do'a 12/267-268).

Berkaitan dengan hal ini, Imam Hafizh Ibnu Hajar  menuturkan bahwa Imam At-Thaibi   berkata: "Makna hadis ini yaitu barangsiapa yang tidak meminta kepada Alloh, maka Dia akan murka. Begitu pula sebaliknya Dia sangat senang apabila diminta hamba-Nya". (Fathul Bari 11/98).

Imam Al-Mubarak Furiy  juga mengatakan bahwa orang yang meninggalkan doa berarti sombong dan merasa tidak membutuhkan Alloh.

Imam At-Thaibi  juga mengatakan bahwa Alloh  sangat senang tatkala dimintai karunia-Nya. Maka barangsiapa yang tidak memohon kepada Alloh, maka berhak mendapat murka-Nya. Dari hadis ini, menunjukkan bahwa permohonan hamba kepada Alloh merupakan kewajiban yang paling agung dan paling utama, karena menghindar dari murka Alloh adalah suatu yang menjadi keharusan. (Muro'atul Mashobih 7/358)

Dengan banyaknya keutamaan dan kemuliaan doa ini, sudah selayaknya bagi kita untuk memperbanyak doa kepada Alloh. Di samping kita beribadah kepada-Nya, kita juga akan meraih keutamaan dan kemuliaan di dunia dan akhirat. Wallohu a’lam.



KEUTAMAAN DAN KEMULIAAN DO'A KEUTAMAAN DAN KEMULIAAN DO'A Reviewed by abahadam on Oktober 24, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.